Latest News

Tips Mudah Merawat Baju Gamis Satin

Mengenali jenis bahan baju gamis merupakan salah satu cara bijak dalam memilih busana muslimah yang sesuai dengan fungsinya. Pengetahuan ini juga sangat penting agar dalam perawatannya bisa dilakukan dengan lebih baik dan lebih efektif sehingga busana gamis yang kita miliki lebih awet, tahan lama, dan tidak mudah rusak atau luntur warnanya.

Setiap jenis kain yang digunakan untuk pembuatan busana masing-masing pasti memiliki kelebihan maupun kekurangan. Kita tentunya mengenal bahan spandex yang banyak dipilih dan digunakan dalam pembuatan baju gamis. Selain itu juga ada bahan sifon, satin, katun, hingga sutera.

Baju Gamis


Ada kain yang dibuat dari bahan serat alami seperti sutera yang halus sehingga harganya pun sangat mahal. Ada juga bahan yang dibuat dari bahan sintetis atau serat buatan seperti kain satin. Kain satin memang snagat mirip dengan kain sutera terutama karena adanya sifat yang berbeda antara permukaan bagian luar yang mengkilap dan licin serta bagian dalam yang sebaliknya.

Selain untuk pembuatan baju gamis, sifat permukaannya yang mengkilap juga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan gaun pengantin, dasi, jaket, lingerie, kemeja, hingga untuk pembuatan celana atlet. Pemilihan terhadap bahan kain yang digunakan untuk pembuatan bajunya tentunya juga akan mempengaruhi pula dalam cara perawatannya.

Nah, berikut ini tips mudah dalam merawat baju gamis yang terbuat dari bahan kain satin agar gamis lebih awet dan tidak cepat rusak atau luntur seperti dikutip dari gamisonline.com.

  1. Hindari dan jangan sekali-kali mencuci baju gamis yang berbahan kain satin dengan menggunakan mesin cuci karena malah akan menyebabkannya cepat rusak.
  2. Sebelum mencuci, sebaiknya rendam terlebih dahulu baju dalam air selama kurang lebih 10 menit 
  3. Cucilah baju gamis satin tersebut dengan menggunakan air dingin yang dicampur dengan deterjen khusus untuk jenis kain yang lembut. 
  4. Saat mencuci, kucek secara perlahan dan bilas sebanyak 3 hingga 4 kali hingga bersih tanpa diperas.
  5. Saat menjemur, hindarkankan baju gamis satin dari panas terik matahari secara langsung.

1 Response to "Tips Mudah Merawat Baju Gamis Satin"

  1. Thanks for sharing.. Butuh kain satin bridal berkualitas untuk membuat gaun wanita.. Kunjungi toko kain online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya.. Regards : Fitinline..

    BalasHapus